Jumat, 25 Mei 2018

MANFAAT TIDUR SIANG DALAM ISLAM ATAU DISEBUT "QAILULAH" (قيلولة )


        Tidur Siang menurut pandangan Islam atau yang disebut Qailulah, Dalam diri manusia terdapat putaran biologi tertentu yang disebut dengan Circadian Rhythem, Tenaga putaran tersebut menurun pada waktu tertentu yaitu pada waktu malam hari dan tengah hari atau siang hari, Dan untuk memulihkannya harus istirahat sejenak ( Tidur ).
        Istirahat sejenak waktu siang hari dalam pandangan Islam dikenal dengan Qailulah sedang menurut dunia Barat atau Modern dikenal dengan istilah Afternoon Nap atau Quick Nap ( Inggris ) dan Siesta ( Latin ). Menurut sudut pandang Barat modern Quick Nap merupakan kebiasaan yang sangat penting sebab hal tersebut dapat menunjang kesehatan, kesegaran dan produktivitas. Sedang menurut Islam sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Al Qur'an mengenai tidur siang ini adalah sebagai berikut :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ

وَمِنْ آيَتِهِ مَنَا مُكُمْ بِا لَّيْلِ وَالنَّهاَرِوَابْتِغَآ ؤُ كُمْ مِّنْ فَضْلِهِ اِ نَّ فِيْ ذَ لِكَ لَاَ يَتٍ لِّقَوْ مٍ يَّسْمَعُوْ نَ ٠ ٢٣

" Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu dalam mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (QS : Ar Rum 23 )
        Allah SWT mengingatkan kita melalui Al Qur'anul karim agar tidur malam dan siang hari, Bahkan tidur siang itu tidak kalah pentingnya sebagaimana tidur malam. Inilah sebagian tanda keajaiban Al-Qur'an sebagai kitab yang diturunkan dari Allah yang Maha Mengetahui, Dan informasi ini baru bagi ilmuwan saat ini, Bahkan mereka tidak tahu pentingnya tidur siang kecuali di abad dua puluh satu ini. Sedangkan Al-Qur'an telah menekankan pentingnya tidur malam dan siang sebagai suatu tanda kekuasaan Allah SWT sejak empat belas abad yang lalu...Subhanallah..!!!!..
        Menurut ilmuwan Barat dan Muslim mengenai dahsyatnya Qailulah ( Tidur Siang ) diantaranya :

  1. Dr. James Maas, Seorang pakar tidur dari Cornell University, merumuskan Qailulah ( Afternoon Nap ) dapat mengembalikan tenaga dan kesehatan.
  2. David F Dinges dan Roger J. Broughton, Dalam bukunya yang berjudul Sleep and Alertness : Cronological, Behavorial and Medical aspect of Napping, Mengemukakan : "Mereka yang secara rutin tidur 30 menit pada waktu siang hari mempunyai resiko mengidap penyakit jantung 30 % lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai kebiasaan tersebut " , Afternoon nap atau Qailulah juga dapat meningkatkan kewaspadaan, ingatan atau memori, kemampuan motorik, Pengambilan keputusan dan Semangat serta dapat menurunkan kemungkinan Sakit Jantung dan Stress sebesar 30 %.
  3. Dr. Fathi Afifi, Pakar Ilmu Jiwa, Dosen Universitas Al-Azhar Cairo menjelaskan Tujuan utama dari Qailulah adalah mengatasi dampak-dampak eksternal yang membahayakan manusia, Aktivitas Qailulah membantu relaksasi sel-sel otak dan otot-otot dari ketegangan yang biasa terjadi. Tidak penting lamanya waktu tidur dengan kadar kenyenyakan bagi relaksasi, Apabila tidur siang ini disertai mimpi, maka bisa saja manfaatnya akan besar, karena mimpi adalah tanda kesegaran tubuh dengan syarat kenyenyakan itu sampai ke alam bawah sadar.
  4. Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya' Ulumuddin menerangkan :  " Hendaklah seseorang tidak meninggalkan tidur sebentar pada siang hari, karena ia membantu ibadah pada malam hari, yang terbaik hendaklah seseorang bangun  dari tidurnya sebelum tergelincir matahari untuk menunaikan Sholat Dzuhur.
        Berdasarkan penelitian, satu menit Qailulah kualitasnya sama dengan 45 menit tidur di waktu malam hari. jadi cukup selama 10 - 60 menit saja Qailulah ( tidur siang ) jangan sampai lebih, sebab jika lebih akan menimbulkan rasa capek dan malas, kalau itu terjadi jelas tidur tersebut berakibat negatif pada tubuh, yaitu hilangnya keseimbangan alami pada tubuh antara waktu siang dan waktu malam.
Untuk rincian manfaat lainnya akan saya tuliskan dalam artikel berikutnya..........




Sumber berita          :  Buku berjudul Fenomena menakjubkan Ayat-ayat Alqur'an, Penulis  Muhammad Suhadi Lc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar