Minggu, 27 Mei 2018

MANFAAT TIDUR SIANG DALAM ISLAM (2) ATAU "QAILULAH" (قَيْلُو لَه )



        Manfaat tidur siang atau biasa disebut Qailulah pada bagian 2 ini adalah kelanjutan dari bagian yang ke 1, Dimana kita sering bertanya mengapa kita harus melakukan Qailulah ini ? jawabannya karena banyak para ahli telah meneliti dan menemukan berbagai manfaat tidur siang ini, yang mana mereka melabeli tidur siang ini dengan sebutan Power nap ( tidur siang pemberi energi ) atau tidur siang pemberi energi bagi tubuh dan hal ini menunjukkan betapa lengkap dan sempurnanya Syariat agama Islam.
        Istilah Qailulah (قَيْلُو لَه ) dalam islam telah jauh ada sebelum Dunia Barat Modern mengenal dan menelitinya, Sekitar 14 abad silam Nabi Muhammad Rasulullah SAW telah mempraktekkannya dan memerintah para sahabat beserta umatnya agar istiqomah mengamalkannya. Seperti Sabdanya yang diriwayatkan dari Sahabat Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda :

قِيْلُو ا فَإِنَّ الشَّيْطَا نَ لَايَقِيْلُ
" Lakukanlah Qailulah karena sesungguhnya setan itu tidak Qailulah " (HR. Ath Thabrani)

        Qailulah merupakan barter atau kompensasi bagi orang yang hendak beribadah di malam hari (Shalat Tahajud ) sebagaimana makan Sahur dapat memperkuat pelaksanaan puasa di siang hari. Secara umum Qailulah di bagi menjadi 3 jenis yaitu :
  1. Panjang Durasinya kurang lebih 60 menit.
  2. Pertengahan antara 10 - 40 menit
  3. Cepat, tidak lebih dari 10 menit.
Dan durasi yang baik adalah yakni durasi yang kedua yaitu 10 - 40 menit tidak lebih sebab kalau lebih dari yang disebut diatas atau 60 menit maka akan berakibat seperti yang telah dijelaskan pada bagian 1.
        Diantara Manfaat tidur siang atau Qailulah bagi kesehatan adalah :
1. Mengurangi Stress.
        Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas kadar kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari, namun ketika berhasil tidur siang barang sebentar kadar kortisol mereka berkurang separuhnya. Riset menemukan bahwa kadar hormon stress menjadi lebih rendah pada orang-orang yang memilih aktivitas yang dapat mengurangi stress seperti tidur siang meskipun sebentar.
Istirahatlah setiap harinya dari kesibukan anda, kurangi resiko stress, carilah tempat yang nyaman dan tenang serta tidur sianglah sebentar, Insya allah ketika bangun anda akan merasa lebih segar dan fokus.

2. Meningkatkan Kewaspadaan dan Produktivitas.
        Bila kita memiliki kesempatan untuk tidur siang terutama apabila di malam harinya kita kurang tidur, maka hendaknya kita tidur siang , kita akan merasa lebih sigap, waspada, energik, memiliki suasana hati (mood) yang lebih baik dan efisiensi kita akan meningkat, Insya allah.
Para ilmuwan telah membuktikan bahwa tidur siang atau Qailulah selama 20 - 30 menit sekitar 8 jam setelah bangun di pagi hari akan lebih membantu stamina dari pada menambah 20 - 30 menit di pagi hari.
Memang ketika bngun dari tidur siang yang sebentar ini terkadang akan terasa sedikit pusing selama kurang lebih 5 menit , namun setelah penurunan kesiapan motorik kita menghilang kita akan menuai manfaat tidur siang dan siap beraktivitas kembali sepanjang siang.

3. Mengobati Insomnia.
        Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan tidak mengantuk, walaupun malam hari sebelumnya kurang tidur. Efeknya memang bisa bervariasi pada setiap individu, tapi sebuah penelitian tahun 2011 menegaskan tidur siang membuat penderita Insomnia jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya jauh lebih panjang.

4. Mencegah penyakit Jantung.
        Tidur siang yang pendek selama 20-40 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Yunani. Mereka menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular 37 % , dan menurut penelitian ini tidur siang yang sehat sebaiknya di lakukan antara pukul 1 - 3 siang selama tak lebih dari 45 menit dan jika lebih justru menyebabkan terbangun dengan kepala berat.
Demikian sedikit informasi mengenai manfaat tidur siang atau Qailulah yang memang sesuai dengan syariat islam, semoga bermanfaat....... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar