Kamis, 05 April 2018

WAKTU ADALAH HARTA YANG SANGAT BERHARGA BENARKAH..????



        Waktu adalah harta yang sangat berharga, Sebagai harta yang sangat mahal bagi kehidupan manusia tentunya waktu (Umur) harus dimanfaatkan sebaik mungkin, Coba bayangkan jika kita memiliki Smartphone yang harganya mencapai jutaan atau puluhan juta, tentu kita akan sangat berhati-hati dalam memakainya, bukan hanya itu kita juga akan memperlakukannya dengan sangat baik memberinya anti gores, sedikit-sedikit dilap/ dibersihkan , bahkan menggunakannya diprotect/ diberi sandi yang begitu rumit, Begitu juga halnya dengan waktu kita didunia ini yang dapat dikatakan sebentar untuk itu kita harus benar memberlakukan atau memanfaatkan waktu ini sebaik mungkin.
        Yusuf Qardhawi dalam hal ini mengatakan , " Mengapa waktu merupakan harta yang sangat mahal tidak lain karena waktu dapat berlalu dengan cepatnya dan tidak akan kembali lagi bahkan tidak ada gantinya ", Selain itu kita juga mengetahui pepatah yang mengatakan bahwa " Times is Money " ( Waktu adalah Uang ), Namun tentunya waktu bukanlah seharga uang semata, justru waktu itu lebih mahal dari pada uang sebagaimana yang dikatakan oleh Hasan Al Banna  " Waktu adalah kehidupan ".
Dan kita harus belajar bagaimana pentingnya dan berharganya waktu sehingga tidak lagi terlalu sibuk dalam pembicaraan yang tak bermanfaat, karena kita tahu bahwa umur terus merambah menuju kematian, Orang yang mau membangun kesadaran seperti inilah yang akan mendapatkan kemuliaan di Akhirat nanti, Dan Jangan berlaku sebaliknya, maka dari itu Umur dinilai tidak hanya dari bilangannya saja, melainkan dari aktivitas yang dilakukan dalam mengisi waktu di kehidupan yang kita miliki.
        Dua orang yang memiliki waktu sama yaitu 1 (satu) jam misalnya, dapat melakukan aktivitas yang berbeda baik secara kualitas maupun kuantitasnya, Bagi seorang yang rajin dan energik, 1 jam didepan laptop dapat menulis lebih dari dua halaman, sedangkan bagi seorang pemalas, waktu 1 jam itu bisa tidak menghasilkan apa-apa.
         Menurut Komarudin Hidayat yang pernah menjabat Rektor Universitas Islam Negri Yogyakarta (UIN) Umur itu diklasifikasikan dalam 3 (tiga) macam Yaitu :

1.Umur Yang Bersifat Kronologis.
        Umur yang bersifat kronologis yaitu umur yang dihitung berdasar pada berapa Kalender / Tanggal yang dihabiskan. Umur tidak mengenal kata surut, Progres (maju) terus sifatnya, Tidak akan kembali waktu yang sudah berlalu.Umur ini berjalan terus dan tidak akan kembali, umur berjalan tidak mengenal Kaya, Miskin, Pintar ataupun Bodoh semua mendapatkannya.

2. Umur yang Berdimensi Intelektual Psikologis.
        Maksudnya adalah bisa saja seseorang secara kronologis sudah tua, tapi pendidikannya rendah, tidak berkembang emosinya maka jadilah dia seperti anak-anak. Jadi secara kronologis ia sudah tua dan juga dari raut wajahnya juga terlihat jelas akan tetapi mentalnya tertinggal dengan umur kronologisnya, Agar dapat mengejar ketertinggalannya dalam jenis umur yang kedua ini maka seseorang dianjurkan sekali untuk mempercepat kedewasaannya dengan mengikuti pelatihan emosi agar lebih dewasa.

3. Umur Psikologis Spiritual.
        Umur Psikologis Spiritual ini tidak mengenal kematian karena wilayahnya masuk dalam dimensi Rohani, artinya bisa jadi orang yang sudah bertahun-tahun atau berabad-abad dia tidak ada lagi didunia akan tetapi pengaruh ajaran spiritualnya atau hasil pemikirannya masih terasa dimasyarakat atau setidaknya pada Pengikutnya masih dijalankan sampai saat ini. Para Nabi dan Rasul tentunya masuk dalam kelompok ini, Walau mereka sudah tiada akan tetapi pengaruh ajaran spiritualnya masih dipegang teguh oleh para pengikutnya, Begitu juga dengan tokoh lainnya, walaupun mereka tiada, tapi ajaran mereka, Karya-karya yang mereka buat terus dikaji, dipakai oleh para penerusnya. Jadi umur mereka masih tetap eksis walau secara fisik sudah tiada.

        Seluruh umur kita (seperti dalam ketiga katagori diatas ) haruslah dimanfaatkan untuk kebaikan, Kita tak ada yang tahu persis kapan hidupnya akan berakhir, maka memanfaatkan waktu yang ada dengan berbagai Kegiatan positif, Beribadah dan Beramal Sholeh merupakan kebutuhan yang penting dan menjadi agenda harian tiap Muslim tentunya.
Jadi bagi Seorang Muslim hendaknya bila berdoa memohon agar dipanjangkan umur, seyogyanya menyertakan pula didalamnya agar selalu mendapat bimbingan (Hidayah) dari Alloh SWT, Sehingga umur yang dilewati dapat digunakan secara optimal untuk beribadah kepadanya, karena bila seseorang berdoa demikian, sama artinya bila kita memohon Kepada Allah SWT agar dipanjangkan umur yang senantiasa mendatangkan manfaat dan maslahat buat dirinya dan orang lain baik didunia dan di Akhirat........Amiin......Yaa..Robbal Alaamiinn..


Sumber Gambar   : www.motocyclenews.top

Tidak ada komentar:

Posting Komentar